Ilmu
alamiah atau sering disebut ilmu Pengetahuan Alam (Natural Sciene) merupakan
pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta , termasuk di muka
bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya
mengkaji konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang essensial saja. Pada
pembahasan kali ini saya akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesifik
lagi yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi yang saat
ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan teknologi transportasi public.
Karna secara logika, manusia ingin hidup lebih baik, aman, nyaman, mudah dan
lain sebagainya. Maka dari itu, manusia itu sendiri menggunakan akal sehat nya
beserta dengan pengetahuan untuk menyelesaikn permasalahan yang dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari agar lebih mudah untuk dilakukan.
Latar Belakang
Pada
satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan ini telah membawa
banyak manfaat yang luar biasa terutama pada hal transportasi public. Seperti
yang kita lihat setiap hari dijalan raya, jalan Tol, maupun ruang lingkup
sekitar rumah kita baik desa maupun kota. Tidak luput dari kendaraan beroda
empat maupun dua. Dengan kemudahannya alat transportasi yang berkembang pada
saat ini, desa maupun kota memberikan layanan akses transportasi public umum
seperti, mobil angkut, bajaj, bemo, busway, kereta api, bahkan transportasi
udara seperti pesawat garuda air lines untuk menempuh jarak jauh. Dari bukti
tersebut IPTEK membawa pengaruh besar bahkan, seseorang dapat menggunakan
fasilitas-fasilitas tersebut tanpa batas hingga melampaui batas transmigrasi
yang pada saat dulunya berjalan kaki hingga ratusan kilometer tapi kini dengan
adanya IPTEK memberikan kemajuan terhadap daya transportasi. Manusia itu
sendiri hanya duduk manis menunggu sampai pada tempat tujuan yang diinginkan
dalam pelayanan transportasi umum.
Meskipun
begitu, ada dampak negative atau positif dari kemajuan perkembangan IPTEK
terhadap transportasi public itu sendiri bagi lingkungan maupun manusia itu sendiri.
Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia. Dan tidak dipugkiri lagi IPTEK
dikembangkan setiap waktu sampai saat ini.
Yang
menjadi permasalahnya yaitu :
1.
Apa
manfaat Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi manusia dan lingkungan ??
2.
Bagaimana
sejarah perkembangan teknologi transportasi public bagi manusia itu sendiri ??
3.
Yang
terakhir, dampak positif dan negative dari perkembangan IPTEK terhadap
transportasi public bagi manusia dan lingkungan ???
Seperti yang kita tahu setiap suatu
perkembangan IPTEK yang bertujuan untuk memudahkan dari setiap kegiatan baik
itu komunikasi, pendidikan, hiburan maupun transportasi ada kalanya IPTEK yang
dihasilkan berdampak negative bagi lingkungan maupun manusia itu sendiri. Dari
permasalahan-permasalahan yang baru saja saya gambarkan merupakan sebuah pokok
gagasan dalam setiap perkembangan IPTEK yang akan dihasilkan kelak. Berikut
saya akan menerangkan dari awal Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi itu apa
lalu saya akan menjelaskan pada permasalah terhadap transportasi public itu
sendiri.
Pendahuluan
Pada
bab pendahuluan diatas saya telah mejelaskan tentang definisi dari Ilmu
Pengetahuan Alam tersebut. berkaitan dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi). Teknologi itu sendiri menurut
Iskandar Alisyahbana (1980), Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun
yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman lebih makmur dan lebih
sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi meskipun
istilah “ teknologi belum digunakan . istilah “teknologi” berasal dari “ techne” atau cara dan “logos”
atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan
tentang cara.
Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi dicipta untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia. Memberi banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam
melakukan aktifitas manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan
untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan
hal negative. Contoh lain dari sisi bidang teknologi yang saat ini sudah di
nikmati yaitu khususnya dalam hal transportasi public seperti: angkutan umum,
kereta dan pesawat.
Fase-fase
Proses Teknik
Ada 3 macam fase proses teknik
yaitu :
a.
Fase
teknik destruktif.
Pada fase
ini, untuk memecahkan segala permasalahan dan keutuhannya, manusia langsung
mangambil dari alam, tidak ada usaha untuk mengembalikannya kea lam
b.
Fase
teknik konstruktif.
Masyarakat
pada fase ini telah mampu melakukan penciptaan sehingga menghasilkan kebudayaan
baru yang sebelumnya tidak dapat di alam. Dengan penciptaan baru ini, sedikit
demi sedkit manusia telah menciptakan lingkungan baru yang selalu bermodalkan
alam sekitar sehingga merupakan “ the second nature” atau “alam kedua”
c.
Fase
modern
Fase ini
merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai manusia. Teknik modern
ini bertitik tolak analisa matematis alam, sehingga manusia mampu membangun
suatu peradabanbaru, yaitu peradaban mesin.
Tingkatan
teknologi berdasarkan penerapannya.
Ada 3 tingkatan teknologi yang
sering diterapkan yaitu :
1.
Teknologi
tinggi (hi-tech)
2.
Teknologi
Madya
3.
Teknologi
Tepat Guna
Selanjutnya dalam perkembangan
IPTEK pada saat ini sangat berdampak atau mempengaruhi pemenuhan kebutuhan baik
primer, sekunder maupun ekonomi, social dan budaya. Berikut penjelasan pemenuhan kebutuhan :
1. Primer
Kebutuhan primer
merupakan kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan manusia dan
sifatnya wajib untuk dipenuhi dalam kehidupan sehari. Berdasarkan pengelompokannya
kebutuhan primer terdiri dari kebutuhan :
-
Sandang
(pakaian)
-
Pangan
(kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup)
-
Papan
(tempat tinggal)
2. Sekunder
Merupakan kebutuhan
yang diperlukan setelah kebutuhan primer telah dipenuhi dengan baik. Yang bersifat
menunjang kebutuhan primer. Seperti contoh dalam keterkaitan IPTEK yaitu
diperlukan industry untuk memenuhi kebutuhan manusia secara massal,
transportasi untuk mengangkut barang-barang kebutuhan dari satu daerah ke
daerah lain dan kebutuhan kesehatan yang semakin terjamin. Kebutuhan sekunder
sangat menunjang kebutuhan pada bidang :
-
Industry
-
Transportasi
-
Komunikasi
-
Dan,
Kesehatan.
3. Ekonomi
Masalah kebutuhan
primer, sekunder, tertier maupun lainnya secara tidak langsung merupakan
masalah ekonomi. Sebab sebagai Homo economicus, dalam segala tindakan selalu
memperhitungkan untung rugi.
Karena ekonomi
adalah kebutuhan manusia, maka siapa yang dapat menguasai perekonomian, dialah
yang memegang kekuasaan.
4. Social
Dengan berkembangnya
industry dan ekonomi, nilai social dapat berubah seiring berkembangnya IPTEK. Makin
berkembangnya teknologi menyebabkan industry yang memproduksi barang secara missal
juga meningkat. Kian majunya masyarakat yang dibarengi dalam peningkatan jumlah
penduduk dan tariff hidup menyebabkan manusia kehilangan nilai etis, dan mudah
melakkukan tindakan yang tercela dan melanggar hukum yang mempengaruhi nialai social
dari masyarakat itu sendiri.
5. Budaya
Budaya dapat
berwujud tiga hal, yaitu idea tau gagasan, tingkah laku atau tindakan, dan
benda atau barang yang dihasilkan manusia. Jadi budaya mempunyai pengertian
luas.
Seperti yang
telah diuraikan diatas hendaknya teknologi secara efektif mampu memerangi
kemiskinan, keterbelakangan dan menjamin kemajuan bagi bangsa manusia.
Pembahasan
Setelah
kita mengetaui dari mcam-macam kebutuhan hidup sehari-hari, maka termasuk dalam
bagian mana transportasi public dalam kebutuhan itu sendiri ??
Ya tentu saja termasuk dalam
kebutuhan Sekunder karna sifatnya menunjang dalam kebutuhan primer. Selain itu
kebutuhan akan transportasi memudahkan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dari
segi ekonomi dengan lebih ringan tetapi juga lebih cepat dan penghematan waktu
untuk menempuh jarak wilayah.
Dalam
perkembangannya transportasi mengalami kemajuan di bidang IPTEK sehingga dengan mudah masyarakat menggunakan bentuk
dari pelayanan transportasi public ini seperti pada jaman dulu, masyarakat
memakai kendaraan sepeda roda 2 atau yang lebih dikenal ontel, lalu berkembang
lagi untuk dinaiki oeh 2 penumpang yaitu becak, berkembang lagi dengan
menggunakan mesin dan tidak mengurangi kapasitas dari becak tersebut, munculah
bemo dan bajaj berkeambang lagi dengan menggunakan roda 4 sehingga dapat
memperbanyak daya tampung penumpang mobil sedan angkot mini maupun miniarta,
sampai pada puncaknya pada pertengahan munculah kereta api dan hingga saat ini
menuju kesuksesan maka dibuatlah pesawat udara untuk mempermudah public dalam
tranportasi tanpa batas antar Negara bahkan pulau. Itulah gambaran dari
perkembangan transportasi public di
negeri kita ini.
Namun
apa dampak dari perkembangan transportasi public itu ? negative kah atau
positif ?? tentu saja dalam setiap perkembangan transpotasi ada sisi positif
dan negatifnya . seperti yang saya sudah disebutkan diatas merupakan sedikit
dari contoh sisi positif transportasi public. Untuk lebih mendalamnya dari sisi
positif dan negative dampak transportasi yang dihasilkan yaitu :
ü
Dampak
Positif :
-
Menghemat
waktu dalam perjalanan
-
Menghemat
tenaga
-
Menghemat
ongkos atau biaya transport
-
Memberikan
kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan
ü
Dampak Negatif :
-
Bahaya
atas kehancuran umat manusia
-
Hilangnya
sifat-sifat individual dan kelompok dalam masyarakat
-
Frekuansi
dan intensitas kecelakaan yang relative lebih tinggi
-
Makin
meningkatnya urbanisasi, kepadatan dan konsentrasi penduduk, dan
-
Meningkatnya
polusi udara serta mempercepat terjadinya global warming dan hujan asam
Itulah dampak dari meningkatnya
transportasi public yang banya digunakan oleh semua kalangan masyarakat baik
pribadi maupun umum.
Kesimpulan
Peran dan
pentinganya transportasi dalam pembangunan ekonomi yang utama
Adalah : tersedianya barang,
stabilisasi dan penyamaan harga, meningkatnya nilai tanah, terjadinya
spesialisasi wilayah, berkembangnya usaha kecil, terjadinya urbanisasi dan
konsentrasi penduduk.
Selain itu juga dampak negative perkembangan
transportasi anatara lain : bahaya atas kehancuran umat manusia, hilangnya
sifat-sifat individual dan kelompok, tingginya frekuensi dan intensitas
kecelakaan, makin meningkatnya urbansasi, kepadatan dan konsentrasi penduduk.
Tujuan dari
transportasi dalam mendukung perkebangan ekonomi yaitu :
Meningkatkan pendapatan masyarakat
disertai dengan konstribusi yang merata serta mensuplai pasaran dalam negri
untuk produksi barang industry.
Sekian
dari informasi transportasi public yang berkaitan dengan IPTEK dalam bidang
ekonomi dan transportasi khususnya. Bila ada kesalahpahaman tulisan dari blog
ini saya ucapkan minta maaf dan terima kasih telah membacanya. kritik dan saran
saya terima dalam penulisan blog ini.
Thank you ;]
Maaf boleh minta referensi dari tulisan ini?..trima kasih
BalasHapus