Rabu, 14 November 2012

IKAN BADUT

LATAR BELAKANG
Ikan giru atau lebih dikenal dengan sebutan ikan badut adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae.Ada dua puluh delapan spesies yang biasa dikenali, salah satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion. Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia.
Di alam bebas mereka bersimbiosis dengan anemon laut. Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut akan membersihkan Anemon dengan memakan sisa - sisa makanan Anemon.Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar mencapai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya 6 cm.

Penyebaran Ikan Giru
Secara ekologi kelompok ikan ini mendiami perairan laut tropis yang dangkal. Sebaraannya terbatas di perairan Indo Pasi-fik Barat. Secara garis besarnya dimulai dari laut Merah sampai ke sentral Pasifik, kecuali di terumbu Kepulauan Hawaii, Kepulauan Johnston, Kepulauan line, Mar-quesas, Pitcrain, dan pulau-pulau sekitar-nya, yakni Pulau Rapa dan Pulau Paska.

Habitat Ikan Giru
kelompok ikan ini hidup pada habitat yang sesuai dengan habitat ikan anemon lainnya. Anemon yang hidup melekat pada tubuhya diantara pada cabang-cabang karang, didaerah dengan dasar berpasir atau berlumpur. Anemon sebagi 'host (tuan rumah) bagi ikan-ikan giru dapat dijumpai didaerah terumbu karang yang dangkal , di Goba ataupun di lereng terumbu karang.

Peilaku Ikan Giru
Ikan Giru ini menghabiskan sebagian besar hidupya dalam wilayah yang relatif kecil, yakni disekitar anemon laut yang sekaligus merupakan daerah jelajahannya. Wilayah tersebut akan dipertahankan dari Predator atau hewan-hewan pengganggu lainnya. Ikan anemon ini termasuk ikan cerdas yang mempunyai teritori yang permanen yang dipertahankan.

Perkembang Biakan Ikan Giru
Dean anemon dikenai sebagai ikan yang bersifat 'sexually monochromatic' (perubah-an warna eksternal yang bersifat temporal pada masa repdoduksi), kecuali beberapa jenis seperti A, perideraion dan A. clarkii Menurut beberapa peneliti, terdapat per-bedaan warna antara ikan jantan dan betina. Ukuran ikan juga berbeda antara ikan jan-tan dan betina dewasa. Betina yang sedang dalam masa memijah mempunyai ukuran tubuh yang lebih panjang dari pasangannya Memijah berlangsung sepanjang tahun. Siklus bulan nampaknya sangat berpengaruh pada masa memijah bagi kelompok ikan anemon ini. Mereka biasanya memijah pada saat menjelang atau sesudah bulan penuh, dan berlangsung selama 6 hari. Pada masa menjelang memijah aktivi-tas yang menonjol adalah saling berkejaran antara pasangan ikan tersebut, atau berenang berdampingan dan sesekali saling menyen-tuhkan bagian perut masing-masing. Nam-paknya ikan betinalah sebagai pengambil inisiatif dalam aktivitas ini. Setiap kali memijah (mengeluarkan telur) membutuhkan waktu 3—4 detik. Pada saat memijah, ikan jantan mengjkuti betinanya dari arah belakang dalam jarak yang rapat dan langsung membuahi telur-telur tersebut. Masa inkubasi untuk telur-telur dari kelompok ikan anemon berlangsung 6 — 7 hari atau tergantung pada suhu air. Masa inkubasi berjalan bersamaan dengan aktivi-tas menjaga sarang. menarik bukan perilaku Ikan Giru pada saat perkembang biakannya.



Kesimpulan 

Ikan badut Ocellaris (Amphiprion ocellaris) adalah ikan aquarium populer. Ikan badut ini dapat dikenali dengan warna jingganya. Ikan ini tumbuh mencapai delapan sentimeter.
Hewan ini masuk kedalam genus Amphiprion.
di alam bebas mereka bersimbiosis dengan anemon laut.Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut akan membersihkan Anemon dengan memakan sisa - sisa makanan Anemon. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar mencapai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya 6 cm. 

Untuk itu, mati kita bersama-sam menjaga habitatnya. dengan menjaga dan melestarikan, kita dapat melanjutkan kehidupan dari si ikan badut tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar